Wednesday, November 14, 2012

Komputerku mati

Belajar komputer adalah belajar menghitung?
Ya, karena komputer itu berasal dari kata compute atau menghitung. Apakah pernyataan itu cukup sampai di sini, sekedar mengisi sebuah soal TIK, atau memang sebenarnya komputer itu adalah mesin hitung.
Sebagian besar siswa pasti tidak percaya mengenai hal di atas, apalagi kalau saya katakan komputer tidak bisa membaca, mendengar, berbicara, apalagi menyanyi.
Para siswa spontan akan berkomentar, bahwa dengan komputer mereka bisa mendengar musik, bahkan menonton film. Bahkan jika Anda membeli media cakram optik, ada istilah R atau RW yang berarti Read atau Read and Write.
Computer sekali lagi tidak bisa membaca dan menulis. Semua kata kerja sebagaimana disebutkan di atas membaca, menulis, menyanyi, berdengung, hidup, mati dll adalah personifikasi komputer yang membantu pekerjaan manusia. Kecuali menghitung, komputer tidak bisa apa-apa.

Komputer diaktifkan dengan tenaga listrik dengan dua perintah 1(hidup) dan 0(mati). Lalu bagaimana Anda bisa mengerti semua ini, dengan komputer terkini dan segala kemampuannya, dapat melakukan banyak hal?
Perkembangan komputer adalah juga perkembangan teknologi elektronika. Komputer berkembang dari jaman analog hingga digital.

Perbandingkan juga alat elektronika Anda, katakan saja radio dan televisi. Lihat ukuran dan kemampuan mereka melayani kebutuhan kerja dan hiburan untuk manusia.
Perkembangan alat-alat tersebut adalah dimulai dari menghidupkan dan mematikan arus listrik yang mengalir sebagai tenaga mereka.

Sebuah lampu akan hidup jika Anda menekan saklar, yang jika Anda amati tertera tanda angka 1, dan sebaliknya akan mati berkat tombol lainnya yang bertanda angka 0. Sedikit lebih rumit, jika Anda amati lampu lalu lintas, di saat lampu merah menyala, maka lampu hijau dan kuning mati, dan Anda sudah menebak lampu di bagian lain persimpangan tersebut.
Dari hidup-mati menjadi bila merah, maka hijau dan kuning mati dan lampu hijau akan hidup pada persimpangan jalan itu.

Memang semua hal dimulai dari yang sederhana. Sekarang Anda bayangkan lampu penghias pohon natal, yang tentu saja tidak hanya merah-kuning-hijau. Sudah semakin rumit? Ada yang lebih rumit seperti ribuan lampu led pada billboard di jalan besar dengan berbagai warna dan antrian untuk hidup dan mati.
Komputer Anda sudah termasuk generasi terkini, dan anggap saja lampu-lampu itu ada jutaan dan berkumpul membentuk barisan pada layar monitor Anda.

Barisan 'lampu' itu adalah resolusi monitor Anda, setiap titik memiliki koordinat tersendiri dimulai dari pojok kiri atas (0,0) berbeda sedikit dari pelajaran matematika di mana semua angka itu positif.
Pekerjaan komputer salah satunya 'berkomunikasi' dengan Anda (pengguna) untuk menampilkan titik-titik warna yang mungkin saja Anda anggap bunga, sedangkan di bagian dunia lain itu disebut flower.
Kumpulan titik-titik warna itu disebut resolusi warna, banyaknya warna biasa diukur dengan satuan bit.
Bit? BIT adalah Binary Digit.

Binary adalah sumber pembicaraan kita, binary adalah sistem bilangan yang terdiri dari hanya dua angka 0 dan 1, yang berarti salah atau benar, yang berarti juga mati atau hidup. Sistem bilangan inilah yang dijadikan acuan dalam perhitungan komputer.

Pernahkah Anda berpikir, kenapa angka 1,2,4,8,16,32,64,128,256 dst adalah angka yang sering muncul ketika Anda bekerja menggunakan kompter?

Memahami binary akan lebih mudah dengan merubahnya dulu ke dalam decimal. Decimal? Ya, itu adalah angka yang umum digunakan terdiri dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9. Dinamakan decimal karena terdiri dari sepuluh angka.

Katakan saja angka 458 decimal adalah 4x102 + 5x101 + 8x100
Perhatikan angka pangkat berdasarkan harga tempatnya dimulai dari 0 dari sebelah paling kanan. Sekarang ada angka 101 binary jika dirubah menjadi decimal adalah 5 dengan perhitungan sebagai berikut: 1x22 + 0x21 + 1x20

Mengapa pada decimal variabel yang dikalikan adalah 10 dan pada binary adalah 2? sudah jelas bahwa decimal terdiri dari 10 angka (0-9) dan binary cuma 2 (0-1).
Setelah Anda memahami perhitungan di atas, cobalah pahami sebuah pernyataan kartu grafis tertentu mendukung sampai 24 bit warna, apa lagi maksudnya?

24 bit terdiri dari 3 kali 8bit dapat ditulis seperti ini : 11111111.11111111.11111111 maksudnya adalah pada setiap kolom terdapat 00000000 sampai 11111111.

Jika Anda benar menghitungnya, konversi dari 11111111 binary adalah 255 decimal, berarti setiap kolom terdiri dari 256 atau 28 atau 8 bit, dan 24 bit berarti  28 .28 .28, atau 224 .

Semua perhitungan di atas adalah baru sedikit dari sistem perhitungan yang digunakan komputer, maksud saya adalah setiap data dikonversikan ke dalam binary sehingga sesuai dengan logika hidup/mati sebagaimana komputer adalah mesin yang tergantung pada tenaga listrik.

Komputer menggunakan perhitungan dari berbagai sitem bilangan, seperti binary, octal, decimal, dan hexadecimal.
Lihat tulisan saya lainnya mengenai keunikan empat sistem bilangan ini

No comments:

Post a Comment