Saturday, January 08, 2011

Microsoft PowerPoint 2007 - Animasi pada obyek khusus


Text

Obyek text memiliki pengaturan tersendiri pada efek animasi yang diterapkan. Pilihan efek pada teks bisa mengatur pemunculan, penghilangan, perpindahan, ataupun perubahan bentuk teks tersebut pada slide.
Pada efek animasi di dalam daftar animasi pada panel animasi, klik untuk menampilkan drop down menu. Pilihlah effect options untuk menampilkan dialog seperti di samping.
Klik A) tab text Animation untuk menampilkan pilihan-pilihan pada efek, pilihlah B) efek animasi tersebut akan berlaku pada teks sebagai … .

Pilihan selanjutnya adalah untuk menjalankan animasi tersebut sebagai urutan yang dibalik (reserve) atau normal. Bila dibutuhkan untuk membalik efek animasi teks tersebut, maka pilihan reserve harus diklik.

Chart

Chart sebagai sebuah obyek dapat diberi efek animasi biasa, atau juga dapat diatur sebagai chart. Hal ini tergantung jenis chart yang sedang diberi animasi.


Pilihlah sebuah animasi dari daftar animasi yang berlaku untuk sebuah chart. Dengan drop down menu pilih effect options, sehingga memunculkan dialog seperti gambar di samping.
A)     Mengaktifkan pilihan Chart Animation
B)      Bagaimana efek animasi sebuah chart akan berjalan
C)      Drop down untuk menampilkan pilihan
D)     Pilih salah satu yang dibutuhkan

 Smartart

Seperti halnya chart, Smart art adalah obyek yang dapat diatur pemunculan efek animasinya tidak harus sebagai sebuah obyek. Berdasarkan banyaknya jenis Smart art yang ada, maka pilihan efeknya juga berbeda-beda. Bila ada sebuah Smart Art yang menggambarkan sebuah siklus, maka sebaiknya tidak dimunculkan sebagai sebuah obyek, melainkan sebagai bagian demi bagian yang menggambarkan linhkaran siklus yang dimaksud.

Gambar di samping adalah pilihan efek animasi pada sebuah SmartArt.

No comments:

Post a Comment