Saturday, January 08, 2011

Microsoft PowerPoint 2007 - Presentation1

Memulai Microsoft Powerpoint 2007

Untuk memulai menggunakan Microsoft PowerPoint 2007 bisa dengan banyak cara, di antaranya adalah:
1.       Klik START > (All)Programs  > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007
2.       Klik START > Microsoft Office PowerPoint 2007 , bila ikon Microsoft Office PowerPoint 2007 sudah ada pada menu START
3.       Klik ganda ikon yang bergambar , pada desktop ataupun windows explorer

Membuat Presentasi

Secara default, Microsoft Office PowerPoint 2007 akan menampilkan sebuah presentasi baru dengan judul Presentation 1 yang berisi satu slide kosong dengan outline sebuah place holder untuk judul dan sub judul.
Klik pada sebuah placeholder yang bertuliskan ‘click to add title’, digunakan untuk memulai menulis judul slide tersebut, begitu juga hal yang sama pada placeholder sub title.
Latihan 1
1.       Klik pada placeholder bertuliskan ‘click to add title’
2.       Tuliskan judul slide tersebut dengan kata-kata : ‘VISUAL ADD MEDIA SMA NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN’
3.       Klik pada placeholder bertuliskan ‘click to add sub title’
4.       Tuliskan judul slide tersebut dengan kata-kata : ‘NAMA MATA PELAJARAN ANDA’
5.       Klik di luar (selain) placeholder untuk tidak memilih satu obyek pun
6.       Pada Tab Home, klik New Slide atau (Ctrl+M), atau klik kanan pada Tab Slides > Add Slide
7.       Kembali ketikkan judul dan sub judul pada slide yang berbeda
8.       Ulangi langkah 6 dan 7 beberapa kali
9.       Tampilkan slide show dengan cara menekan F5 untuk slide show dari awal slide atau Shift+F5 untuk mulai dari slide yang sedang dikerjakan.
10.   Pada Mode Slide Show, layar monitor akan tampak dipenuhi presentasi yang Anda buat. Tekan ENTER/ Panah bawah atau kanan/N atau klik untuk berpindah ke slide selanjutnya. Untuk kembali ke slide sebelumnya tekan Panah atas atau kiri/P. tekan Esc untuk keluar dari mode Slide Show.
Untuk navigasi slide dalam keadaan Slide Show, bias dilakukan klik kanan untuk memunculkan pop up menu.
11.   Simpan presentasi pertama Anda dengan mengklik tombol Office > Save (As) atau Ctrl + S. Pada dialog Save As, tentukan letak, nama, dan jenis file untuk disimpan. Terakhir klik Save.
12.   Anda masih bisa melakukan pengolahan dokumen presentasi Anda, tapi jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara mengklik tombol Office > Save (As) atau Ctrl + S.
Kalau tombol Save disediakan, Anda juga bisa mengklik ikon ini.

MENAMBAH SLIDE

Pengguna dapat menambah slide sebanyak yang diperlukan. Penambahan slide bisa dengan perintah pada klik ikon New Slide atau bisa juga dengan menggunakan ShortCut Ctrl+M. Cara lainnya adalah klik kanan pada panel slide > New Slide.
Pada ikon New Slide yang termasuk bagian dari ribbon Home, terdapat drop down yang berisi pilihan-pilihan outline slide yang akan ditambahkan. Banyaknya Outline yang disediakan tergantung pada template yang sedang digunakan. Secara default, template yang digunakan adalah template standar. Mengenai template akan dibahas pada bagian yang lain tutorial ini


   

MEMILIH DAN MERUBAH OUTLINE SLIDE

Dokumen pada presentasi PowerPoint terdiri dari lembaran slide yang akan dipaparkan pada layar presentasi. Slide dapat didesain sedemikian rupa sesuai keinginan pengguna, namun Powerpoint menyediakan fitur outline untuk memudahkan disain slide dengan cepat.
Secara default sudah tersedia banyak outline yang biasa digunakan dalam presentasi, dan outline ini dapat dirubah ketika sedang dilakukan pengolahan dokumen. Layout adalah penempatan obyek-obyek slide yang diatur sedemikian rupa memnuhi keinginan pengguna.
Apabila layout diterapkan pada saat dokumen sudah berisi obyek-obyek sebelumnya, maka layout yang baru akan merubah semua penempatan obyek-obyek itu.
Obyek-obyek pada slide itu sendiri adalah : gambar, gambar garis(clipart), diagram, grafik, symbol, equation, Teks, dan obyek lainnya. Ketersediaan layout itu tergantung pada template yang digunakan.
Cara merubah layout adalah: pilih slide yang akan diterapkan layout > klik layout drop down > pilih layout yang diinginkan.



No comments:

Post a Comment