Saturday, January 08, 2011

Microsoft PowerPoint 2007 - MENYISIPKAN OBYEK PADA SLIDE


Obyek pada slide adalah sebagai berikut:
·         Title(Judul)
Judul adalah obyek khusus pada slide sebagai pengenal slide dalam mengelola presentasi. Pada presentasi yang baik biasanya pengguna menentukan dulu outline presentasi yang terdiri dari judul dan sub judul. Pada gambar terlihat contoh layout yang menempatkan placeholder untul judul berada pada bagian paling atas. Tidak semua layout menempatkan judul pada bagian paling atas, tapi perlu diingat bahwa semua orang lebih suka membaca dari atas ke bawah.




·         Teks
Teks adalah obyek yang paling banyak digunakan pada presentasi, karena karakteristiknya yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat. Teks pada layout slide pada gambar di atas ditempatkan pada bagian tengah, walaupun tidak selalu harus berada di tengah. Klik pada placehodlder teks tersebut untuk mengetikkan kata yang diinginkan.
Apabila tidak terdapat placeholder teks seperti pada gambar, maka untuk menambahkan obyek teks adalah dengan cara klik Text Box pada ribbon Insert > klik pada area kerja > mulai mengetik. Untuk mengakhiri klik area di luar obyek Text Boundary.
Ingat bahwa teks bisa di ketik di area kerja bagian mana saja, tetapi yang tampil pada presentasi hanyalah apa yang berada di atas slide.

·         Table
Cara menggunakan layout untuk menyisipkan table adalah sangat sederhana dengan cara mengklik ikon pada konten table seperti terlihat pada gambar di samping. Setelah itu akan ditampilkan dialog insert table untuk menentukan banyaknya baris dan kolom yang dibutuhkan



·         Grafik (Chart)
Cara menggunakan layout untuk menyisipkan Chart juga sangat mudah dengan cara mengklik ikon pada konten chart seperti terlihat pada gambar di samping. Setelah itu akan ditampilkan dialog insert chart untuk menentukan tipe dan jenis chart yang sesuai dengan data yang akan ditampilkan. Mengenai penglolaan chart akan dibahas setelah bagian ini.



·         Smartart
Apabila presentasi yang sedang dibuat akan menggambarkan alur logika atau siklus sebagai bantuan untuk melakukan penjelasan, maka obyek ini SmartArt adalah obyek yang tepat untuk disisipkan. Gunakan cara seperti gambar disamping untuk menyisipkan obyek SmartArt.



·         Picture
“A picture worth a thousand words”, begitulah sebuah ungkapan bijak mengenai manfaat sebuah gambar. Gambar yang dimaksud adalah gambar natural, baik berupa foto atau gambar hasil rekayasa disain yang biasanya berkestensi *.jpg/jpeg, *.gif, *.png, *.bmp, dll.
Mengenai karakteristik setiap tipe gambar di atas dapat dilihat pada pembahasan yang lainnya.
Seperti terlihat pada gambar, untuk menyisipkan gambar adalah dengan cara klik ikon Insert Picture untuk menampilkan dialog mengenai di mana lokasi gambar yang akan disisipkan

·         Media
Media adalah juga obyek yang bisa disisipkan ke slide prsentasi dengan perlakuan khusus melalui propertynya sendiri.
Perintah seperti pada gambar di samping adalah untuk menyisipkan media yang berupa film, suara, atau animasi yang didukung Powerpoint. Banyak sekali tipe file film, suara dan animasi yang ada, namun tidak semua tipe file itu didukung oleh Microsoft Powerpoint.
Demikianlah pembahasan mengenai obyek-obyek yang disisipkan pada presentasi menggunakan ikon yang disediakan pada layout. Mengenai cara penangan dan pengolahan setiap obyek tersebut, akan dibahas pada seksi lainnya


No comments:

Post a Comment