Friday, March 04, 2011

Mempaketkan dokumen Presentasi Powerpoint Anda

Seorang presenter yang baik selalu menggunakan segala kemampuan retorik dan penggunaan media demi penyampaian informasi sesuai dengan target dan tujuannya. Biasanya seorang presenter membekali dirinya dengan bantuan media visual yang menarik. Media visual yang digunakan agar menarik audiens adalah juga media yang menggunakan animasi atau multimedia.
Sebagai aplikasi pembuat media bantuan visual, Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang paling sering digunakan. Aplikasi ini sangatlah powerful sebagai pendukung presentasi, dari versi sebelumnya sampai versi terkini yaitu 2010 ketika posting ini dibuat. Pada prakteknya ada beberapa masalah yang muncul, misalnya ketika file Powerpoint yang sudah dipersiapkan tidak tampil seperti yang diinginkan karena beberapa hal sebagai berikut:
  1. File multimedia yang dibutuhkan tidak tampil, biasanya dari kesalahan kecil, yaitu kelalaian menyertakan file-file tersebut ketika file Powerpoint disalinkan ke folder yang lain.
  2. Huruf yang digunakan waktu mendisain tidak muncul ketika slide show, karena perbedaan kasanah huruf yang tersedia pada komputer saat presentasi dan desain.
  3. Penggunaan template yang tidak didukung oleh versi Powerpoint yang digunakan.
Semua hal tersebut dapat dipecahkan dengan mudah menggunakan fitur yang disediakan untuk memaketkan dokumen menjadi aplikasi auto play. Bahkan aplikasi ini dapat dimainkan di komputer yang tidak terdapat aplikasi Powerpoint, selama platform yang digunakan adalah Windows. Pemaketan ke dalam CD tidak selamanya harus menggunakan CD, karena pengguna msih bisa menundanya dengan hanya menyimpan file-file tersebut ke folder lain. Pada PowerPoint versi 2003 perintah ini bernama Package and GO.
Untuk lebih jelasnya, demikian langkah-langkah yang diperlukan dalam pemaketan ke CD:
  1. Pada pojok kiri atas ada tombol Office, klik tombol tersebut. Pilih publish, lalu pada pilihan yang ada pilih package for CD
  2.  Selanjutnya akan muncul jendela dialog untuk mengetikkan nama paket.
  3. Apabila dokumen Powerpoint yang dipaketkan berisi hyperlink ke sebuah file Powerpoint lainnya, maka klik Add Files untuk menambahkan file yang dimaksud.
  4. File-file tersebut masih dapat diatur prioritas kemunculannya dalam paket yang sedang dibuat. Atur menggunakan ikon panah hijau di sebelah kiri jendela dialog, seperti gambar di bawah ini.
  5.  Akan muncul peringatan yang memsatikan seluruh file yang disertakan kompatibel dalam paket, seperti gambar di bawah ini.
  6. Ikon options dapat diklik untuk menampilkan pilihan-pilihan lainnya, misalnya bagaimana pemunculan dokumen ketika CD dimasukkan ke drive, atau akankah huruf-huruf yang digunakan akan disertakan mengingat perbedaan kasanah jenis huruf tiap komputer. Selain itu juga ada pilihan untuk memproteksi dokumen presentasi. Setelah seluruh pilihan telah ditentukan, klik OK.
  7. Jendela berikutnya adalah langkah terakhir untuk menyimpan paket, apakah akan langsung ke dalam CD atau ke dalam folder yang lainnya. Bila akan disimpan langsung ke CD, pastikan sudah ada CD kosong di dalam drive optical.
Demikianlah tips memaketkan dokumen Powerpoint ke dalam CD.

No comments:

Post a Comment