Monday, March 28, 2011

halaman web pertama

 Halaman web sekurang-kurangnya memiliki bangun sederhana seperti ini:
<html>
<body>

<h1>Heading 1</h1>

<p>paragraf</p>

</body>
</html>


menulis script menggunakan Notepad

Ketiklah script seperti contoh di atas dengan menggunakan text editor favorit Anda dan simpan file tersebut menjadi format file *.html atau *.htm. Bukalah file tersebut menggunakan aplikasi browser, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dsb.

Sehingga dalam browser akan menjadi:

 

Heading 1

paragraf

Halaman web selalu diawali tag <html> dan diakhiri tag </html>. Tag-tag tersebut membuat browser mengenali script tersebut sebagai halaman web dan memperlakukannya sebagai halaman web beserta semua isi dari halaman tersebut yang memberi perintah dengan tag-tag html.
Hampir semua tag html memiliki awal dan akhir, tag awal ditandai dengan < dan >, sedangkan tag penutup sama dengan tag akhir hanya ditambah dengan slash. Jadi seperti <tag> isi </tag>.
Seperti layaknya sebuah tubuh, halaman html terdiri dari kepala dan badan. Kepala dan badan tersebut berada dalam lingkup tag html.
<html>
 <head>
  <title>judul tulis di sini</title>
 </head>
 <body>

  <h1>Heading 1</h1>

  <p>paragraf</p>

 </body>
</html>
Bagian kepala adalah bagian yang paling cepat untuk dikenali, seperti wajah kita, kepala pada html diwakili dengan tag :

 <head>
  <title>judul tulis di sini</title>
 </head>


Dalam tag tersebut ada tag   <title>  dan   </title> yang dapat diisi judul dari sebuah halaman web. Isi dari tag    <head>  dan   </head> bukan hanya   <title> , masih banyak lagi tag yang berada dalam lingkup tag tersebut, yang pasti semuanya adalah sebagai pengenal halaman web pada jaringan internet.
Judul halaman web akan muncul pada bar judul browser ketika halaman yang dimaksud terbuka, dan tidak ditampilkan pada halaman itu sendiri. Tampilan halaman akan tergantung pada isi dari tag <body>  dan </body>.

No comments:

Post a Comment