Friday, March 04, 2011

Memproteksi Dokumen Office

Dokumen yang dibuat pada Microsoft Office dapat disimpan menggunakan fitur pengaman agar dokumen tersebut tidak dibuka atau dirubah tanpa seizin pemilik dokumen tersebut. Sebuah hal yang mengesalkan, apabila jerih payah yang telah kita curahkan untuk membuat sebuah karya, lalu di salin orang lain tanpa sopan santun yang jelas.
Oleh karena itu fitur pengamanan ini, sangat membantu dan mencegah kita kehilangan dokumen kita. Sejauh ini fitur pengaman ini masih dapat diandalkan.
cara melakukan proteksi dokumen dalam Microsoft Office adalah sebagai berikut.
gambar1

  1. Simpan dokumen sebagai (SAve As), jendela dialog Save As akan tampil seperti dalam gambar1.
  2. Cari tombol Tool, dan klik untuk membuka drop down menunya. Dari pilihan yang ada, pilih General Options, gambar2.
    gambar2
  3. Perintah pada langkah kedua akan membuka jendela General Options. di sana terdapat dua pilihan proteksi dokumen: proteksi untuk membuka dan untuk memodifikasi. Kedua pilihan dapat digunakan, dan keduanya membutuhkan password, tidak harus sama. gambar3.
    gambar3
  4. Pada jendela General Options terdapat dua field yang digunakan untuk mengisikan password. Apabila diketikkan karakter, otomatis karakter yang terlihat adalah karakter khas password. Pastikan caps lock tidak sedang aktif, klik OK.
    gambar4
  5. Setelah itu akan muncul peringatan untuk mengulang password yang digunakan pada field password to open, atau field password to modify. Peringatan tersebut hanya muncul salah satu yang digunakan, dan akan muncul keduanya apabila kedua fitur digunakan. gambar5.
gambar5     

No comments:

Post a Comment