Thursday, April 07, 2011

Format Huruf


Ada banyak pemformatan huruf pada MS Word yang biasa dilakukan untuk memperindah tampilan dokumen, menekankan suatu kata atau kalimat, atau untuk keperluan lainnya.

Bold (tebal)
Bold adalah perintah untuk menebalkan huruf atau karakter pada dokumen. Menebalkan huruf biasanya dilakukan untuk menekankan kata atau kalimat agar lebih diperhatikan, biasanya berada pada judul, sub judul atau anggota suatu paragraph.
Untuk melakukan penebalan huruf pengguna dapat menggunakan dua cara, yaitu melalui ikon dan menggunakan cara cepat papan ketik. Ikon bold mudah ditemukan, yaitu ikon yang bergambar huruf B besar dan tebal. Ikon ini bersifat switch, yaitu perintah bolak-balik.
Bila huruf atau teks yang dipilih dalam keadaan belum ditebalkan, maka status ikon akan terlihat biasa saja bold.jpg, dan sebaliknya bila huruf atau teks dalam keadaan tebal, maka ikon akan menjadi unbold unbold.jpg.
Cara lainnya yaitu menggunakan cara cepat papan ketik Ctrl+B. Perintah ini juga dilakukan untuk melakukan unbold, apabila huruf atau teks terpilih dalam keadaan sudah tebal.

Italic(Miring)
Italic adalah pemformatan untuk memiringkan huruf atau teks, kadang juga disebut emphasis. Sama seperti bold, format ini digunakan untuk menekankan sesuatu atau untuk membuat huruf atau teks tersebut dianggap khusus. Pada bahasa Indonesia, kata-kata asing bisa diketik di antara tanda kutip ganda, tapi tidak jarang diketik dengan huruf miring.
Cara memiringkan huruf atau teks adalah dengan mengklik ikon bergambar huruf kapital I miring italic.jpg. Dan apabila huruf atau teks sudah dalam keadaan miring, maka ikon akan berubah menjadi unitalic unitalic.jpg.
Underline(Garis Bawah)
Pemformatan selanjutnya adalah menggarisbawah huruf atau teks. Sama seperti dua pemformatan terdahulu yang digunakan untuk menuliskan kata-kata asing atau hal-hal yang penulis ingin lebih diperhatikan.
Underline dapat dilakukan dengan menggunakan ikon yang bergambar underline.jpghuruf kapital U. Apabila huruf atau teks sudah dalam keadaan digarisbawah, maka ikon akan berubah menjadi ununderline.jpg.

underline_opt.jpgPada ikon underline ini terdapat segitiga di sebelah kanannya untuk memunculkan drop down menu bentuk garis bawah yang disediakan. Klik pada segitiga itu, maka akan muncul drop down.
Kunci cepat perintah underline adalah kombinasi Ctrl dan U, begitu juga untuk menghilangkan garis bawah yang sudah ada. Bila dalam beberapa kata akan diberikan garis bawah, dan tidak termasuk spasi, maka gunakan kunci cepat Ctrl+Shift+W.


font.jpg

Strikethrough
Pemformatan ini digunakan untuk membuat garis horisontal di tengah-tengah huruf atau teks. Untuk melakukan perintah ini bisa dengan cara mengklik ikonnya yang terdapat pada bagian Font di Ribbon Home (lihat gambar ‘font’). Bila garis yang diinginkan adalah gari ganda, maka tentukan pada pilihan yang disediakan pada kotak dialog yang muncul dari klik Launcher ‘FN’

Subscript
Pemformatan ini digunakan untuk memperkecil ukuran huruf dan memposisikannya lebih rendah dari huruf normal. Pada rumus-rumus kimia terdapat prosedur untuk menuliskan angka-angka secara Subscript. Subscript dapat dilakukan dengan mengklik ikon pada bagian font (lihat gambar font ‘5’).
Selain menggunakan ikon, perintah ini memiliki kunci cepat dengan kombinasi Ctrl + =, contoh H2O.

Superscript
Pemformatan lawan dari Subscript adalah Superscript, yaitu menempatkan huruf lebih tinggi dan merubah ukurannya menjadi lebih kecil. Pemformatan ini digunakan dalam perlambangan matematika dan penanda catatan kaki. Superscript dapat dilakukan dengan mengklik ikon pada bagian font (lihat gambar font ‘6’). Kunci cepat perintah ini adalah Ctrl(+Shift) + +.

Case (Kasus)
 Merubah huruf kecil menjadi kapital, atau sebaliknya, pada awal kata, kalimat, atau pada seluruh huruf dinamakan Kasus huruf. Pemformatan yang disediakan oleh aplikasi pengolah kata adalah untuk kenyamanan penggunaan, karena lebih cepat dan efektif.
Ada 5 macam kasus huruf:
1.       Sentence Case
2.       lowercase
3.       UPPSERCASE
4.       Capitalize Each Words
5.       Toggle case
Sentence Case adalah perintah untuk merubah huruf pertama kalimat menjadi huruf kapital
Lowercase adalah perintah untuk merubah semua huruf dalam teks menjadi huruf kecil
UPPERCASE adalah perintah untuk merubah semua huruf menjadi kapital
Capitalize Each Words adalah merubah huruf depan semua kata dari teks menjadi huruf kapital.
Toggle case adalah merubah setiap huruf kecil menjadi kapital pada teks, dan juga sebaliknya.

Warna sorot
Teks dapat ditandai seperti menggunakan spidol penanda teks dalam buku dengan perintah highlight color. Highlight color ini adalah untuk menandai teks hanya latar belakangnya saja, tapi bukan warna teksnya(lihat gambar font).


Ukuran huruf
Ukuran huruf dapat dirubah sesuai keinginan dan keperluan pada dokumen Word. Untuk merubah ukuran huruf disediakan 3 ikon pada bagian font di Ribbon Home.
1.       Font Size, ikon ini digunakan untuk merubah ukuran huruf sesuai ukuran yang diinginkan. Segitiga dropdown menu akan menampilkan ukuran-ukuran huruf yang biasa digunakan, selain itu dapat juga diketik langsung ukuran huruf yang diinginkan.
2.       Grow Font, ikon ini digunakan untuk memperbesar ukuran huruf sesuai daftar ukuran huruf yang disediakan MS. Word.
Kunci cepat perintah ini adalah: Ctrl+Shift+>, untuk menambah ukuran satu point Ctrl+].
3.       Shrink Font, adalah ikon yang digunakan untuk memperkecil ukuran huruf sesuai urutan daftar ukuran huruf yang disediakan MS. Word.
Kunci cepat perintah ini adalah: Ctrl+Shift+<, untuk mngurangi ukuran satu point Ctrl+[.

Font
Adalah ikon drop down menu yang menyediakan berbagai jenis huruf sesuai yang telah diinstalkan pada sistem operasi komputer dan sesuai dengan yang didukung oleh MS. Word. Selama obyek tersebut adalah karakter dari jenis huruf, maka akan bisa dirubah ke jenis huruf yang lainnya.

No comments:

Post a Comment